Create Account - Sign In
Browse - New Book - My Books - Sell - Groups - $19 ISBNs - Upload / Convert - Help - follow us!   

Advertisement



Dampak Revolusi Industri Inggris Bagi Perekonomian Negara Lain

Oleh: Rinaldo Adi Pratama2

Revolusi Industri mengubah Negara Inggris menjadi negara industri yang maju dan modern. Di Inggris muncul pusat-pusat industri, seperti Lancashire, Manchester, Liverpool, dan Birmingham. Seperti halnya revolusi yang lain, Revolusi Industri juga membawa akibat yang lebih luas dalam bidang ekonomi, sosial dan politik, baik di negeri Inggris sendiri maupun di negara-negara lain.

Namun, disini penulis akan memfokuskan terhadap dampak yang dihasilkan dari adanya Revolusi Industri ini dalam bidang ekonomi bagi negara lain. Adapun dampak secara umum dalam bidang ekonomi setelah berhasilnya Revolusi Industri ini antara lain:

1) Barang Melimpah dan Harga Murah

Revolusi Industri telah menimbulkan usaha industri dan pabrik secara besar-besaran dengan proses mekanisasi. Dengan demikian, dalam waktu singkat dapat menghasilkan barang-barang yang melimpah. Produk barang menjadi berlipat ganda sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang lebih luas. Akibat pembuatan barang menjadi cepat, mudah, serta dalam jumlah yang banyak sehingga harga menjadi lebih murah.

2) Perusahaan Kecil Gulung Tikar

Dengan penggunaan mesin-mesin maka biaya produksi menjadi relatif kecil sehingga harga barang-barang pun relatif lebih murah. Hal ini membawa akibat perusahaan tradisional terancam dan gulung tikar karena tidak mampu bersaing.

3) Perdagangan makin Berkembang

Berkat peralatan perhubungan yang modern, cepat dan murah, produksi lokal berubah menjadi produksi internasional. Pelayaran dan perdagangan internasional makin berkembang pesat.

4) Transportasi makin Lancar

Adanya penemuan di berbagai sarana dan prasarana transportasi makin sempurna dan lancar. Dengan demikian, dinamika kehidupan masyarakat makin meningkat.

Dari dampak umum yang di paparkan di atas tentu saja pengaruh itu tidak sesederhana seperti dalam konsep di atas, didalam kondisi nyata nya dampak Revolusi Industri ini telah mendorong berbagai sistem kebijakan baru dalam bidang ekonomi sehingga lahirlah apa yang dinamakan dengan Imperialisme dan Merkantilisme yang di terapkan oleh dunia barat terhadap negara-negara lainnya.

Hal ini pun menimpa Indonesia yang pada saat itu merupakan negara yang memiliki sumber daya yang diperlukan bagi proses industri di negara barat khususnya Inggris. Dengan sudah diterapkannya kegiatan industry yang menggunakan sistem mekanis dalam pengerjaannya tentu saja akan menghasilkan produk yang melimpah hal tersebut mendorong Inggris untuk mencari daerah pemasaran dan yang mana Inggris pun memasarkan hasil produksinya ke daerah-daerah taklukannya seperti Malaysia, Singapura dan Australia.

Lalu dampak lain dalam bidang ekonomi dari adanya Revolusi Industri adalah jalur perdagangan internasional menjadi ramai, hal ini mendorong negara-negara yang memiliki modal berusaha untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan menjual hasil produksinya ke negara lain, dari sinilah muncul sitem Merkantilisme dalam ekonomi.

2 Rinaldo Adi Pratama adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah angkatan 2011 Universitas Pendidikan Indonesia



two page view?

Advertisement



Share "Dampak Revolusi Industri Bagi Negara Lain Dalam Bidang Ekonomi":

Download for all devices (145 KB)